Pahlawan Cinta

Click Here for English Version
Sejarah merupakan industri yang paling produktif menghasilkan para pahlawan. Sejarah juga mencatat betapa para pahlawan berhasil mengisi lembaran sejarah dengan aksi heroik serta patriotik yang tidak pernah akan dilupakan pada masanya bahkan hingga hari ini sejarah pahlawan besar akan terpatri didada orang-orang yang cinta kepada bangsanya. mengutip perkataan Soekarno "Bangsa yag besar adalah bangsa yang senantiasa mengingat jasa para Pahlawannya.

Mungkin kita bertanya, darimana naluri kepahlwanan ini berasal dan apa yang mendasari sikap kepahlawanan mereka. Dua pertanyaan namun satu jawaban. yah, jawabannya adalah CINTA. Cinta lah yang menggerakkan hati-hati para Pahlawan untuk bergerak. cintalah yang mendorong para pahlawan untuk membuat suatu karya nyata. Cinta begitu misterius. Keberadaannya merupakan penyemangat bagi subyek pecinta untuk bergerak, bertindak dan berkarya nyata. Cinta terlalu sulit untuk dideskripsikan. namun dia ada dan dapat dirasakan. Keberadaannya bahkan menembus batas-batas rasionalitas. Dengan cinta hil-hil mustahiil bisa jadi mumkiin, yang imposible menjadi possible.

CINTA mungkin kata yang terlalu sederhana namun ia mencakup makna yang tak ternilai. Sejarah pun telah mencatat; jikalau bukan karena Cinta untuk apa Hanzhalah harus mengakhiri hidupnya sebagai Syahid di Perang Uhud padahal pada saat itu dirinya pun belum suci dari zunubnya. Kalaulah bukan karena Cinta untuk apa orang-orang Muhajirin rela meninggalkan Kampung halamannya, hartanya, istrinya bahkan kekuasaanya untuk berhijrah ke Madinah, semua itu dilakukan karena cintanya kepada Allah dan Rasulnya.

Atas nama cinta para pahlawan besar dunia Islam telah meghiasi peradaban Manusia. Atas nama cinta pula kemerdekaan dapat diraih. atas nama cinta kebebasan dapat digapai. Lihatlah apa yang dihasilkan oleh Imam Bukhori, Kalaulah bukan karena cintanya kepada Hadits Rasulullah mana mungkin beliau menghasilkan maha karya dibidang hadits yaitu Shahih Bukhari. Kalaulahlah bukan karena Cintanya kepada umatnya niscaya Rasulullah SAW sudah meminta malaikat penjaga Gunung untuk membinasakan Penduduk Thaif setelah beliau dihinakan.

Sejarah adalah Industri Para Pahlawan dan cinta adalah sumber yang menjiwai nurani Kepahlawanan.